Minggu, 06 Mei 2012

Unstar Wisudakan 112 Mahasiswa



Senin,(30/4) Pukul 8.00 wita Nampak kampus Universitas Nusa Lontar yang terletak di Kelurahan Mokdale,tak seperti biasanya,Pintu Masuk di Hiasi dengan Umbul-umbul bertulisan selamat datang,
Rektor Unstar,Dr.Ir.Jamin Habid,MM memindahkan toga kepada salah satu wisudawan
Pantauan Media ini Nampak sejumlah panitia mengenakan pakian resmi jas, dan para wisudawan didampingi dengan keluarga Nampak hadir lebih awal untuk menanti momentum itu, tak seperti biasanya para mahasiswa dan dosen melaksanakan rutinitas Proses Belajar Mengajar,dan biasanya gedun aula Unstar yang berukuran 8 X 24 Meter itu,berubah  dihiasi dengan ornament dan asesoris
Tepat pukul 9.00 wakil Gubernur NTT, Ir.Eston Feonay bersama rombongan turut hadir untuk menyaksiakan peristiwa sacral bagi 112 Mahasiswa Universitas Nusa Lontar di wisuda, dalam rapat senat Luar Biasa Wisuda Sarjana (S1) angkatan ke -5 tahun 20120  yang digelar, (30/4) hari ini  yang berlangsung di aula Universitas Nusa Lontar, Momentum bersejarah itu di Hadiri Wakil Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT), Ir. Esthon Feonay, M.SI, Sekertaris Wiayah Kopertis VIII, Ida Bagus Anom Sukarta,SH.M.Hum,Guru Besar Universitas Negeri Brawijaya Malang, Prof.Armano Toys,M.Sc dan para Muspida Kabupaten Rote Ndao serta keluarga Wisudawan dan wisudawati
Dalam kegiatan yang berlangsung hidmad itu  Rektor universitas Nusa lontar,Dr.jamin habid,MM mengatakan Momen ini sudah lazim berlangsung di lingkungan Perguruan Tinggi baik swasta maupun negeri yang merupakan manifestasi dari tujuan pendidikan sesuai PP No. 60 Tahun 1999 tentang Perguruan tinggi yakni menyiapkan peserta didik menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademik yang professional yang dapat menerapkan, mengembangkan, menciptakan serta juga mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi, kesenian selanjutnya mengupayakan penggunaannya untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat dan memperkaya kebudayaan nasional, yang sejalan dengan pelaksanaan tujuan Negara sebagaimana termaktub dalam pembukaan Undang-undang dasar 1945 yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa.
Rektor juga, menyampaikan proviciat  kepada seluruh Civitas Akademika Universitas Nusa Lontar Rote yang telah bersama-sama mendedikasikan kompetensi  akademiknya masing-masing selama sebelas tahun menyelenggarakan fungsi Tri Dharma Perguruan Tinggi yang antara lain
Pertama Di bidang Pendidikan, para dosen dan mahasiswa setiap program studi telah banyak melakukan pendalaman kepustakaan dan bagi fakultas Keguruan berpartisipasi aktif melaksanakan eksplorasi ilmu melalui praktek pengalaman lapangan setiap tahun pada SLTP,SLTA di Kabupaten Rore Ndao guna mengembangkan ilmu pengetahuannya. Wisuda hari ini adalah yang kelima sehingga jumlah lulusan yang akan berada ditengah-tengah pemerintah dan masyarakat mendekati 500 lulusan yang dari 6 rumpun disiplin Ilmu pengetahuan dan teknologi. 
Kedua Di bidang penelitian. Para dosen dan mahasiswa masing-masing Program studi telah melakukan kajian kepustakaan yang aplikatif sesuai dengan kenyataan yang tumbuh ditengah masyarakat Rote Ndao dan diwujudkan dalam karya ilmiah mahasiswa, sehingga dapat memperbanyak khasanah ilmu  guna menyelesaikan persoalan-persoalan social, ekonomi, pendidikan dan teknologi. Di bagian lain, pemerintah daerah Kabupaten Rote Ndao bekerjasama dengan lembaga penelitian dan pengabdian pada masyarkat Universitas Nusa Lontar Melakukan kajian tentang pemekaran Kecamatan Ndaunuse dan Landuleko yang telah diresmikan oleh Bupati Rote Ndao beberapa waktu yang lalu.
Ketiga Dibidang Pengabdian Pada Masyarakat, secara rutin setiap tahun mahasiswa dari berbagai program studi yang ada di lingkungan Unstar bersama Dosen melakukan kegiatan social dalam bentuk pengabdian pada masyarakat diseluruh Desa di Kabupaten Rote Ndao sesuai bidang studi yang ada. Program studi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan melalui kegiatan KKN dan PKL melakukan sosialisasi tentang pentingnya motivasi belajar anak, membantu pelaksanaan pengajaran di sekolah, sosialisasi tentang sadar wisata dan sapta pesona.  Program studi MIPA Geografi, Biologi dan Pertanian melalui kegiatan Kerja Lapangan (KKL)   melakukan Pendataan penduduk, penggambaran Piramida Desa, Pengukuran pH tanah, Pengamatan wilayah pesisir pantai, Pembuatan peta Desa dan penyuluhan tentang pembuangan limbah yang benar serta menanam tanaman pandan dipinggir pantai guna mencegah terjadinya abrasi, penyuluhan tentang budaya rumput laut dan pasca panen rumput laut yang benar, penyuluhan rumput laut menjadi produk makanan. Pada Program Studi  Teknik Sipil Pengairan  mengembangkan sumber air dalam pipanisasi Di Desa. Program studi Ilmu Hukum melakukan penyuluhan tentang kesadaran hukum masyarakat terhadap Kekerasan dalam Rumah tangga, pencurian, dan pembunuhan serta sosialisasi pentingnya perlindungan anak. Program studi Ekonomi melakukan penyuluhan tentang fluktuasi harga rumput laut, penyuluhan tentang usaha ekonomi produktif, dan sosialisasi tentang kesadaran menabung masyarakat Desa.
Dalam orasinya juga mantan sekda NTT itu mengatakan Sebagai lembaga pendidikan Tinggi, Universitas Nusa Lontar  Rote berkewajiban ikut dalam membentuk sumber daya manusia yang berkualitas. Sejalan dengan visi tersebut, maka kami menetapkan program strategis yang akan dikembangkan oleh Unstar hingga tahun 2015 yakni, meningkatkan produktifitas akademik dan memperkuat kelembagaan. Bersamaan dengan itu kita terus menata sistem layanan akademik yang holistic dan komprehensif, dengan meningkatkan kualitas proses perkuliahan, melalui langkah strategis, yang menjadi prioritas kedepannya adalah   peningkatan produktifitas akademik dosen. Saat ini  Universitas Nusa Lontar memiliki  tenaga dosen berpendidikan S-3,S-2 dan masih banyak yang berpendidikan S-1. Oleh karena itu pada tahun 2011 dan 2012 kami telah memberikan beasiswa kepada mereka yang melanjutkan pendidikan S-3 1 orang, S-2 berjumlah 4 orang dan secara berkelanjutan kami bertekad untuk memberikan ruang bagi para dosen mengikuti pendidikan lanjut magister (S-2) maupun Doktor (S-3) dengan beasiswa Yayasan, Pemerintah atau Donatur lainnya.
Langkah strategis lainnya adalah menyiapkan sarana sumber belajar berupa infrastruktur fisik dengan ditopang oleh layanan perpustakaan yang harus terus di Up-date koleksi bukunya, agar dapat memberikan fasilitas kepada mahasiswa dan para dosen akses informasi secara dinamis. Kegiatan laboratorium untuk fakultas Eksakta kami tingkatkan infrastruktur fisik dan peralatannya sehingga praktikum yang masih dilakukan di Kupang kedepan sudah dapat dilakukan di laboratorium kita sendiri. Dalam rangka penguatan institusi, maka kami telah membentuk unit pengelola EPSBED serta unit penjaminan mutu yang pada bulan Mei 2012 nanti telah dua kali direktorat Jenderal Dikti melalui Kopertis Wilayah VIII Denpasar mengikutsertakan untuk kegiatan pembinaan pengelolaannya. Kami pun telah mengajukan usulan penilaian peringkat program studi dan fakultas kepada Badan Akreditasi Nasional  sejak 23 Juni 2011 lalu. Saat ini, kami masih menunggu antrian visitasinya.
Kami berkomitmen, sebagai integritas masyarakat akademik untuk menjadikan kampus Unstar ini sebagai pusat kegiatan keilmuan, kampus akan hidup sepanjang hari dengan berbagai aktivitas akademik, diskusi antara Dosen dan mahasiswa akan melahirkan karya-karya tulisan dalam bentuk jurnal, maupun makalah-makalah seminar. Demikian juga dengan laporan-laporan penelitian. Semakin banyak karya tulis yang terpublikasikan, saya yakin akan bermanfaat bagi masyarakat kampus serta masyarakat umumnya.
Karena perubahan yang baik hanya dapat dilakukan secara evolusi, dengan kesabaran dan ketabahan. “Gutta cavat lapidem non Vised saepe cadendo” batu yang keras akan berlubang jika sering ditetesi air; dengan tahapan-tahapan inilah maka, diharapkan di masa yang akan datang Universitas Nusa Lontar Rote akan menjadi sebuah Lembaga Pendidikan yang siap menjawab kebutuhan masyarakat dalam segala bidang.
Ia beromitmen Komitmen yayasan Nusa Lontar untuk ikut berpartisipasi dalam mencerdaskan bangsa khususnya Di Kabupaten Rote Ndao yang pada tahun 2001 masih sebuah kecamatan Melalui Universitas Nusa Lontar Rote membuktikan konsistensinya, hari ini  mewisuda 112 Sarjana lagi dari Program Studi Ilmu Hukum, Program Studi Manajemen, Program Studi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Sejarah, Program Studi MIPA Geografi, Program Studi MIPA Biologi serta Program Studi Teknik Sipil Pengairan. Dengan demikian,  hingga saat ini sudah sebanyak 483 mahasiswa yang berhasil diluluskan semenjak tahun 2001 oleh Universitas Nusa Lontar Rote berada di Kabupaten Rote Ndao.
Sehingga Dengan pengukuhan 112 sarjana baru,  maka para winisuda-winisuda ini sebagaimana lulusan-lulusan sebelumnya akan diserahkan ke tengah-tengah masyarakat, mereka akan bersama masyarakat dan Pemerintah bahu-membahu membangun daerah ini, oleh sebab itu saya berharap kehadiran para winisuda dapat diterima sebagai salah satu aset sumber daya guna akselerasi pembangunan masyarakat di Rote Ndao Khususnya dan NTT Umumnya
Pada kesempatan ini, saya juga menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Pusat / Menteri Pendidikan Nasional melalui Koordinator Kopertis Wilayah VIII Denpasar serta pemerintah propinsi NTT yang telah memberikan bantuan beasiswa kepada mahasiswa- mahasiswi unstar yang berprestasi dan mengadakan pembinaan terhadap penyelenggaraan Pendidikan Tinggi bagi Univesitas Nusa Lontar Rote.
 Ucapan terima kasih juga saya tujukan kepada Gubernur/Wakil Gubernur, Koordinator kopertis Wilayah VIII, Bpk. Prof. Armanu Thoyib yang berkenan hadir dalam acara wisuda hari ini.(ido)

Tidak ada komentar: