Senin, 24 Desember 2012

Menteri PDT kunjunggi Rote Ndao



Rotendao.com-Menteri Pencepatan Pembangunan Daerah Tertinggal (PPDT), Ir. Ahmad  Helmy  Faisal Zaini kunjungi Rote Ndao, sABTU (21/12). Kedatangan Zaini ke kabupaten Rote Ndao didampingi,anggota DPR RI, Saleh Husein, dan Farry Dj. Francis.dan Anggota DPRD Provinsi asal Rote Ndao Somi Pandie
Kunjugan Mentri dua hari guna melaksanakan MOU bersama dengan pememrintah kabupaten Rote Ndao tentang berbagai program  pembangunan Insfrastruktur di wilayah Rote Ndao yang diberikan kementerian PDT. Tahun 2011 dan 2012 serta kelangsungan pembagunan yang stategis lainya yang berbasis masyarakat   
Selain itu ikut dalam rombongan Menteri PPDT, Asisten II Sekda Provinsi NTT,Anderias Jehalu dan para pejabat dari Kabupaten Rote Ndao. Dalam sambutannya, Menteri PPDT mengatakan, kemiskinan masih menjadi masalah utama pada daerah tertinggal Republik Indonesia termasuk di Kabupaten Rote Ndao. Hal ini membutuhkan perhatian pemerintah yang lebih serius baik pemerintah pusat maupun pemerintah daerah.
Upaya mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat harus terus dilakukan terutama melalui upaya pembedayaan ekonomi.
Menurut Zaini, salah satu dari tiga hal pokok yang menjadi perhatian pemerintah dan ini ditekankan Presiden RI, Dr. H. Susilo Bambang Yudhoyono dalam setiap rapat kabinet di Jakarta. Tiga hal ini berhubungan dengan pembangunan daerah tertinggal di wilayah Indonesia.
“Ada tiga hal yang perlu saya sampaikan berkaitan dengan pembangunan daerah tertinggal yakni mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat Indonesia termasuk masyarakat kabupaten Rote Ndao dan Provinsi NTT, upaya pengentasan kemiskinan karena di Rote Ndao tingkat kemiskinan masih mencapai lebih dari 50 persen dan pemerintah terutama pemerintah pusat akan terus mendorong pertumbuhan ekonomi melalui upaya pemberdayaan ekonomi masyarakat,” kata Zaini.
Dikatakan, kemiskinan masih menjadi masalah utama di daerah-daerah tertinggal termasuk Kabupaten Rote Ndao dan provinsi NTT. Sehingga pemerintah tidak bisa membiarkan pertumbuhan ekonomi berjalan pelan tetapi berusaha mendorong agar pertumbuhan ekonomi berjalan dengan lebih cepat. Kepada pemerintah dan masyarakat kabupaten Rote Ndao, Menteri PPDT RI juga menyerahkan bantuan tiga mobil kepada Pemerintah Kabupaten Rote Ndao sebagai sanana perhubungan darat.
Zaini juga berjani akan membantu masyarakat Rote Ndao untuk membangun embung dan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) karena maslaah utama yuang dihadapi di Rote Ndao adalah listrik dan air. Sementara Bupati Rote Ndao, Drs. Leonard Haning, MM dalam laporannya pada kesempatan ini mengatakan, masyarakat Kabupaten Rote Ndao sangat berterima kasih atas kehadiran Menteri PPDT di kabupaten Rote Ndao dalam acara Natal Bersama dan Perayaan Tahun Baru Hijriah.
sebagai Bukti Rote Ndao adalah bagian dari NKRI, sehingga sejak menjabat sebagai Mentri sudah tiga kali datang ke Rote Ndao
Kehadiran Menteri PPDT member arti tersendiri sehingga diharapkan setelah kembali ke Jakarta bisa selalu ingat dengan Kabupaten Rote Ndao yang berada di paling Selatan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Sementara anggota DPR RI, Saleh Husein pada kesempatan ini mengatakan, kehadiran seorang Menteri merupakan bentuk dari tindak lanjut beberapa program yang sudah berjalan di Pulau Rote Ndao terutama pembangunan Insfrastruktur dan pembangunan lain yang berbasis masyarakat Perbatasan.
Untuk diketahui Menteri tiba di bandara DC Saudale, Pukul 12.15. saat itupula menteri langsung meninjau Lokasi Dermaga Ba’a, dan sekitar Pukul 1.00 melanjutkan perjalanan ke Kantor Bapeda Kabupaten Rote Ndao,nampak sejumlah Tokoh masyarakat, Tokoh agama dan masyarakat menanti, sesuaia dengan agenda, Menteri PDT bersama dengan rombongan  disambut  tarian dan foti, usai kegiatan seremonial dilanjutkan dengan agenda utama kehadirian mentri PDT yakni  melaksanakan tanda-tangan MOU program kementerian percepatan dan pembangunan Rote Ndao dan memberikan sejumlah Uang Tunias berjumlah 6,5 Miliar
Sesuai jadwal kementrian akan melaksanakan kunjugan dua hari yakni bermalam di wilayah Rote Ndao,Sabtu (22/12) dan keesokan hari minggu (23/12) rombongan akan meningalkan Rote Ndao,tetapi sebelumnya mengunjungi sejumlah lokasi Proyek kementerian yang dibangun di wilayah Rote Ndao.

Tidak ada komentar: